Selasa, 21 Januari 2014

log book

Published by Unknown on Selasa, 21 Januari 2014  | No comments


 

ICE BREAKING

  1. Youth Circle
Issue        :  Menghilangkan batas diri dengan saling berpegangan  tangan
Tugas       : Buat lingkaran dengan saling berpegangan tangan tanpa terputus
Rule         : 
a.     Berhitung hanya menyebut kata 1 dan 2 saja.
b.     Yang menyebut angka / kata 1 condongkan badan ke depan  dan yang menyebut angka/kata 2 merebahkan badan ke belakang.
c.     Lingkaran dan pegangan tangan tidak boleh terputus.
d.     Posisi kaki dirapatkan
Proses     : 
a.     Keseriusan & keinginan melakukan / mengerjakan kegiatan.
b.     Adanya kekompakan regu
c.     Fun
            SP           : 
a.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek, tidak keras dan berbatu
c.     Pegangan peserta diyakinkan kuat
d.     Perhatikan pegangan tangan peserta yang bisa menimbulkan disposisi
e.     tulang dan otot saat kegiatan berlangsung
            Equipment : NO
           
  1. Lap Seat
Issue        :  Menghilangkan batas-batas diri dengan saling bersentuhan
                   badan ( mengakrabkan diri dengan teman )
Tugas       :  Membuat lingkaran serapat mungkin dan kemudian duduk
                   diatas pangkuan teman dibelakangnya.
Rule         :       
a.     Buat lingkaran  serapat dan sebulat mungkin
b.     Duduk dipangkuan teman dibelakangnya sesuai dengan aba-aba yang diberikan.
c.     Langkahkan kaki satu langkah kedepan sesuai dengan aba-aba
Proses     :       
a.     Keseriusan & keinginan melakukan / mengerjakan kegiatan.
b.     Adanya kekompakan regu
c.     Fun
d.     Keinginan bersosialisasi / menggabungkan diri dgn lingk.
SP           :       
a.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek , tidak keras dan berbatu
c.     Pastikan posisi peserta sudah stabil sebelum diberi aba-aba melangkahkan kaki
d.     ke depan.
Equipment :      NO

  1. Gurita atau Big Foot
Issue     :  Menghilangkan batas-batas diri dengan saling bersentuhan badan
                ( mengakrabkan diri dengan teman )
Tugas    :  Semua peserta diikat menjadi satu dan diperintahkan mengambil
                beberapa barang (matduk, bola, dll )
Rule      :
a.     Buat barisan satu syaf
b.     Orang paling kanan diam sbg poros dan yang lain melingkar merapatkan diri ke
c.     orang yang diam.
d.     Kelompok diikaat dengan webbing dan diharuskan mengambil benda- benda
e.     yang sudah disebar.
Proses  :          
a.     Keseriusan & keinginan melakukan / mengerjakan kegiatan.
b.     Adanya kekompakan regu
c.     Fun
SP        :          
a.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek , tidak keras dan berbatu
c.     Areal bermain permukaannya rumput / tanah
d.     Tali webbing tidak keras / kaku
e.     Peserta tidak membawa barang bawaan ( tas pinggang, dll)
Equipment :      Webbing, Matduk, Bola, dll

4.     Toss a Name
Issue     :  Menyebutkan nama dirinya supaya teman yang lain tahu (akrab)
Tugas    :  Menyebutkan nama
Rule      :
a.     Yang memegang bola pertama (Si A) menyebutkan namanya dan nama teman
b.     yang akan menerima bola darinya (Si B)
c.     Yang menerima bola (Si B) harus mengucapkan terima kasih kepada yang
d.     memberi bola (Si A) dengan menyebutkan nama si pelempar, dst
e.     Penerima bola Si E harus berterima kasih pada Si A, Si B, Si C, Si D, dst.
Proses  :
a.     Ada keinginan mengenal teman
b.     Keseriusan & keinginan melakukan / mengerjakan kegiatan
c.     Adanya  target waktu dalam menyelesaikan tugas
SP        :          
a.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek , tidak keras dan berbatu
c.     Bola tidak bocor atau kempes.
Equipment :      Bola, Stop watch

5.     Group Jugling
Issue     :  Makin mengakrabkan diri dengan rekannya
Tugas    :  Memberikan bola kepada rekannya dengan waktu yang makin lama
                makin cepat
Rule      : 
a.     Buat lingkaran
b.     Setiap orang berkesempatan 1x memberi dan 1x menerima
c.     Usahakan makin lama makin cepat waktunya
Proses  :
a.     Mencoba mengeluarkan ide-ide
b.     Keseriusan & keinginan melakukan / mengerjakan kegiatan
c.     Adanya  target waktu yang makin singkat dalam menyelesaikan tugas
d.     Memunculkan kemampuan diri (sifat : Kepemimpinaan, analisa, apatis, dll)
SP        :
a.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek , tidak keras dan berbatu
c.     Bola tidak bocor atau kempes.
Equipment :      Bola, Stop watch

6.     Hog Call
Issue     :  Mencari teman dekatnya /mitra kerja yang cocok
Tugas    :  Mencari suara binatang yang sama ( 1 suara hewan min 2 orang)
Rule      :
a.     Peserta ditutup matanya dan dibisikan supaya menirukan satu suara binatang
b.     Peserta dipisahkan/dipencarkan dengan jarak yang cukup jauh
c.     Peserta harus mencari suara binatang yang sama dan berkumpul sesuai
d.     habitatnya
Proses  :
a.     Menganalisa sumber imformasi / suara didalam lingkungan kita
b.     Mengumpulkan sumber imformasi yang sama dalan satu kelompok
SP        :
a.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek , tidak keras dan berbatu
c.     Pastikan areal bermain bebas dari tonggak/tiang dan hindari  tabrakan sesama
d.     peserta
Equipment :      Syal / Bandana, kertas label nama, alat tulis


7.     Data Processing
Issue     :  Komunikasi, kreatifitas, interaksi antar teman, perencanaan,
                kontrolling, leadership
Tugas    :  Mengurutkan data dengaan tidak berkomunikasi verbal (suara)
Rule      :
a.     Silahkan mengurutkan no …… (sepatu, rumah, berat badan, usia, tanggal lahir,
b.     dll) harus berurutan
c.     Mengurutkaan dataa  yang dimiliki sesuai urutannya
Proses  : 
a.     Mencoba mengeluarkan ide-ide
b.     Keseriusan & keinginan melakukan / mengerjakan kegiatan
c.     Memunculkan kemampuan diri (sifat : Kepemimpinaan, analisa, apatis, dll)
SP        : 
a.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek , tidak keras dan berbatu
Equipment :      NO

7.     File Up
Issue     :  Komunikasi, koordinasi, perencanaan,
Tugas    :  Merubah posisi kelompok dari suatu lingkaran menjadi satu barisan
Rule      :
a.     Buatlah satu lingkaraan
b.     Sebutkan data anggota regu yang diketahui secara bergantian ( bukan data secara fisik mis : gendut, item, kacamata, ikal, dll )
c.     Yang merasa memiliki data tersebut bergeser satu langkah kesebelah kanan (ketempat kosong) atau kebelakang orang yang disamping kanannya
Proses  :
a.     Adanya komunikasi antara anggota
b.     Adanya pengolahan & pengingatan data yang dimiliki anggota
c.     Adanya perencanaan pengumpulan data
SP           :
a.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek , tidak keras dan berbatu
Equipment :      NO







8.     Every Body Up
Issue     :  Kerjasama, koordinasi
Tugas    :  Buat lingkaran tidak terputus dalam posisi lutut ditekuk 45 derajat, lalu
                berdiri bersama-sama
Rule      :
a.     Buat lingkarang duduk yang tidak terputus saling berpegangan
b.     Dalam posisi duduk tekuk kaki kurang lebih 45 derajat
c.     Berdiri secara bersamaan tanpa memutuskan pegangan
d.     Ulangi sampai lingkaran tetap utuh dan berdiri secara bersama
Proses  :
a.     Adanya koordinasi antara anggota kelompok
b.     Adanya kerja sama
c.     Adanya resiko terjatuh apabila lingkaran terputus
SP        :
a.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek , tidak keras dan berbatu
c.     Perhatikan pegangan tangan peserta yaang bisa menimbulkan disposisi tulang dan otot saat kegiatan berlangsung
Equipment :NO

9.     Circle to Circle
Issue     :  Menghilangkan batas diri dengan saling berpegangan tangan
            Tugas    :  Buat lingkaran dengan saling berpegangan tangan tanpa
                            terputus
Rule      :
a.     Tanpa melepaskan pegangan, memindahkan sebuah hola Hoop dan webbing dengan berlawanan arah sampai kembali ke tempat semula
b.     Lingkaran dan pegangan tangan tidak boleh terputus.
            Proses  :
a.     Keseriusan & keinginan melakukan / mengerjakan kegiatan.
b.     Adanya kerjasama kekompakan regu
c.     Fun
      SP     : 
a.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek, tidak keras dan berbatu
c.     Pegangan peserta diyakinkan kuat
d.     Perhatikan pegangan tangan peserta yang bisa menimbulkan disposisi tulang dan otot saat kegiatan berlangsung
Equipment :      Hoola Hoop, Webbing





10.  Cari Teman
Issue     :  Menumbuhkan keberanian untuk menjalin interaksi, kemauan untuk
                mencapai target dan keberhasilam
Tugas    :  Mencari teman sebanyak-banyaknya dengan berjabat tangan dan
                Mengucapkan nama, target waktu dihitung
Rule      : 
a.     Harus berjabat tangan
b.     Harus mengucapkan nama denngan jelas dan mengetahui nama orang yang diajak berjabat tangan
Proses  : 
a.     Ada keinginan mengenal teman
b.     Keseriusan & keinginan melakukan / mengerjakan kegiatan
c.     Adanya  target waktu dalam menyelesaikan tugas
SP        : 
a.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek , tidak keras dan berbatu
Equipment :      NO

            TRUST
      1. Blind Lead
Issue     :  Komunikasi, Leadership, Followership, Empati, Kepercayaan
Tugas    :  Menuntun orang buta dengan tidak bersentuhan badan (tentative)
Rule      : 
a.     Peserta berpasangan 2 orang
b.     Satu orang ditutup matanya (sbg Si Buta), satu lainnya dapat  melihat.
c.     Yang melihat menuntun Si Buta dengan hanya memberikan intruksi verbal (tidak boleh bersentuhan)
d.     Bergantian
            Proses  :
a.     Kesediaan dipimpin dan memimpin, serta kesediaan menerima intruksi atau petunjuk dari teman.
b.     Kesalahan intruksi atau perbedaan persepsi akan membingungkan Si Buta untuk melangkah (P)
c.     Intruksi jelas, tetapi si Buta tidak hati-hati menjalankannya maka ia akan terjatuh (B)
d.     Si Buta tidak menjalankan intruksi (Takut dikerjain) maka Si Buta tidak percaya sama pemumpinnya (B)
            SP        :
a.     Pastikan ikatan tidak terlalu keras
b.     Pastikan route yang dilalui aman bagi peserta
c.     Fasilitator memBack-up ditempat-tempat yang berbahaya
Equipment :      Syal atau Bandana


2.     Sherpa Walk
Issue     :  Komunikasi, Leadership, Followership, Empati, Kepercayaan
Tugas   :   Menuntun orang buta dengan tidak bersentuhan badan (tentative)
Rule      :
a.     Peserta berbaris satu barisan dengan mata tertutup tetapi tangan boleh memegang pundak teman didepannya
b.     Hanya satu orang yang dapat melihat sebagai penuntun rombongan orang buta tsb
c.     Pemimpin (yang melihat) membawa jalan sibuta hanya dengan memberikan intruksi
d.     Pemimpin dipilih oleh kelompoknya dan bergantian
e.     Rombongan SiButa tidak boleh terputus
            Proses  :
a.     Kesediaan dipimpin dan memimpin, serta kesediaan menerima intruksi atau
b.     petunjuk dari teman.
c.     Kesalahan intruksi atau perbedaan persepsi akan membingungkan Si Buta untuk melangkah  (P)
d.     Pemimpin harus bisa membuat rombongan tetap kompak (P)
e.     Harus bisa mengikuti teman didepannya (B)
f.      Harus menjaga kekompakan (B)
            SP        : 
b.     Pastikan ikatan tidak terlalu keras
c.     Pastikan route yang dilalui aman bagi peserta
d.     Fasilitator memBack-up ditempat-tempat yang berbahaya
Equipment :      Syal atau Bandana

3.     Pass Two Person
Issue     :  Menumbuhkan kepercayaan diri dan kepercayaan thd teman
Tugas   :   Berpasangan saling menjatuhkan badan secara bergantian
Rule      :
a.     Buat dua barisan seara berpasangan dengan berat badan relatif sama
b.     Barisan depan membelakangi barisan belakang
c.     Barisan depan berada satu langkah didepan barisan belakang
d.     d. Barisan depan bersiapmenjatuhkan badan kebelakan dengan posisi tegak (pohon        tumbang), pandangan kedepan, tangan dipilin didepan dada
e.     Barisan belakang bersiap menerima yang jatuh dengan posisi telapak tangan
f.      menghadap kedepan selebar bahu dan kaki posisi kuda-kuda
g.     Setelah posisi jatuh sempurna, ulangi dengan barisan belakang mundur selangkah
h.     Lakukan secara bergantian
            Proses  :
a.     Merasa was-was terhadap temannya yang menerima, shg jatuhnya tidak sempurna (J)
b.     Takut untuk jatuh, mengukur kepercayaan diri (J)
c.     Memberikan kepercayaan kepada teman dalam menerima beban (J)
d.     Cari posisi enak supaya tidak berat menahan beban yang jatuh
e.     Tidak serius menahan beban jatuh shg posisi penahan tidak seimbang (T)
f.      Memberikan kepercayaan pada yang jatuh dengan kesiapannya menerima beban (T)
            SP        :          
a.     Areal relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin/becek, keras , dan berbatu
c.     Fasilitator memBack-up pada saat  yang berbahaya
d.     Perhatikan posisi orang yang akan jatuh supaya dalam keadaan tegak, pandangan lurus kedepan, kedua tangan terjalin, posisi kaki rapat dan ketika menjatuhkan badan posisi kaki tidak melangkah kebelakang
e.     Perhatikan posisi yang akan menerima, kaki dalam posisi kuda-kuda, kedua tangan didepan dada (tidak kaku), dan menerima yang jatuh pada bagian pundak bukan leher
f.      Perhatikan komunikasinya saat melakukan
            Equipment :      NO

4.     People Pass
Issue     :  Menumbuhkan, keberanian kepercayaan diri dan kepercayaan thd
                teman dan group
Tugas   :   Memindahkan orang dengan posisi terlentang dari sisi kiri ke sisi 
                kanan dengan bantuan tangan teman
Rule      :
a.     Buat dua barisan secara berhadapan
b.     Satu orang akan diangkat keatas dengan posisi terlentang dan dipindahkan dari sisi kiri ke sisi kanan
c.     Yang lain akan memindahkannya dengan cara dibopong diatas kepala
d.     Posisi kepala yang dibopong menghadap kearah kanan (Kepala dikiri, kaki dikanan)
e.     Turunkan dengan cara kaki terlebih dahulu
f.      Semua peserta merasakan dibopong dan membopong
Proses:
a.     Merasa was-was terhadap temannya yang membopong,
b.     Takut untuk jatuh, mengukur kepercayaan diri (J)
c.     Memberikan kepercayaan kepada teman dalam menerima beban (J)
d.     Cari posisi enak supaya tidak berat menahan beban yang jatuh
e.     Tidak serius menahan beban shg posisi penahan tidak seimbang (T)
f.      Memberikan kepercayaan pada yang dibopong dengan kesiapannya (T)
           
SP        :          
a.     Areal relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin/becek, keras , dan berbatu
c.     Fasilitator memBack-up pada saat  yang berbahaya
d.     Perhatikan posisi orang yang akan dibopong supaya dalam keadaan rileks, pandangan lurus kedepan, kedua tangan terjalin, posisi kaki rapat
e.     Perhatikan posisi yang akan membopong, kaki dalam posisi kuda-kuda, kedua tangan tidak kaku, dan tetap konsentrasi (tdk bercanda)
f.      Perhatikan komunikasinya saat melakukan
                  Equipment :            NO


5.     Willow on The Wind
Issue     :  Menumbuhkan kepercayaan diri dan kepercayaan thd teman
Tugas    :  Buat lingkaran dan siap menerima orang yang jatuh ditengah-
                tengahnya
Rule      :
a.     Buat lingkaran serapat mungkin dengan kuda-kuda kearah pusat lingkaran dan siap menerima beban
b.     Yang akan menjatuhkan diri, berdiri ditengah-tengah lingkaran dengan tangan
c.     terjalin di depan dada, kaki rapat, mata tidak terpejam
d.     Setelah siap, yang ditengah menjatuhkan badan dan ditahan oleh penahan yang kemudian didorong kearah teman yang lainnya
e.     Lakukan secara bergantian
            Proses  :
a.     Merasa was-was terhadap temannya yang menerima, shg jatuhnya tidak
b.     sempurna (J)
c.     Takut untuk jatuh, mengukur kepercayaan diri (J)
d.     Memberikan kepercayaan kepada teman dalam menerima beban (J)
e.     Cari posisi enak supaya tidak berat menahan beban yang jatuh
f.      Tidak serius menahan beban jatuh shg posisi penahan tidak seimbang (T)
g.     f. Memberikan kepercayaan pada yang jatuh dengan kesiapannya menerima beban (T)
            SP        :
a.     Areal relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin/becek, keras , dan berbatu
c.     Fasilitator memBack-up pada saat  yang berbahaya
d.     Perhatikan posisi orang yang akan jatuh supaya dalam keadaan tegak, pandangan lurus kedepan, kedua tangan terjalin, posisi kaki rapat dan ketika menjatuhkan badan posisi kaki tidak melangkah kebelakang
e.     Perhatikan posisi yang akan menerima, kaki dalam posisi kuda-kuda, kedua
f.      tangan didepan dada (tidak kaku), dan menerima yang jatuh pada bagian pundak bukan leher
g.     Perhatikan komunikasinya saat melakukan
            Equipment :      NO

6.     Trust Fall
Issue     :  Menumbuhkan kepercayaan diri dan kepercayaan thd teman
Tugas    :  Menjatuhkan badan dari ketinggian
Rule      :
a.     Satu orang naik keatas drum sebagai yang akan jatuh
b.     Rombongan lain bersiap-siap menahan jatuhan badan temannya yang diatas
c.     Peserta bergantian melakukan
            Proses:
a.     Merasa was-was terhadap temannya yang menerima, shg jatuhnya tidak
b.     sempurna (J)
c.     Takut untuk jatuh, mengukur kepercayaan diri (J)
d.     Memberikan kepercayaan kepada teman dalam menerima beban (J)
e.     Cari posisi enak supaya tidak berat menahan beban yang jatuh
f.      Tidak serius menahan beban jatuh shg posisi penahan tidak seimbang (T)
g.     Memberikan kepercayaan pada yang jatuh dengan kesiapannya menerima beban (T)
            SP:
a.     Areal relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin/becek, keras , dan berbatu
c.     Fasilitator memBack-up pada saat  yang berbahaya
d.     Seluruh ascesoris (jan tangan, topi, tas pinggang, kacamata, dll disimpan (dititipkan)
e.     Yakinkan posisi yang jatuh dan yang menerima pada posisi yang benar
f.      Perhatikan posisi orang yang akan jatuh supaya dalam keadaan tegak, pandangan lurus kedepan, kedua tangan terjalin, posisi kaki rapat dan ketika menjatuhkan badan posisi kaki tidak melangkah kebelakang, badan kaku seperti pohon tumbang
g.     Perhatikan posisi yang akan menerima, kaki dalam posisi kuda kuda, kedua tangan didepan dada (tidak kaku) saling bersilang dengan teman didepannya, dan kepala tidak menunduk
h.     Cek ulang kekuatan tangan penerima (ditepuk-tepuk kemudian lakukan lompatan uji coba dari permukaan tanah) dan perhatikan posisi yang jatuh agar tepat lurus dengan penerima
i.       Perhatikan komunikasinya saat melakukan
                  Equipment :            NO


7.     Trust Dive
Issue     :  Menumbuhkan kepercayaan diri dan kepercayaan thd teman
Tugas    :  Menjatuhkan badan dari ketinggian dengan cara meloncat ke depan
Rule      :
a.     Satu orang naik keatas drum sebagai yang akan jatuh
b.     Rombongan lain bersiap-siap menahan jatuhan badan temannya yang diatas
c.     Peserta bergantian melakukan
            Proses  :
a.        Merasa was-was terhadap temannya yang menerima, shg jatuhnya tidak sempurna (J)
b.     Takut untuk jatuh, mengukur kepercayaan diri (J)
c.     Memberikan kepercayaan kepada teman dalam menerima beban (J)
d.     Cari posisi enak supaya tidak berat menahan beban yang jatuh
e.     Tidak serius menahan beban jatuh shg posisi penahan tidak seimbang (T)
f.        Memberikan kepercayaan pada yang jatuh dengan kesiapannya menerima beban (T)
            SP        :
a.     Areal relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin/becek, keras , dan berbatu
c.     Fasilitator memBack-up pada saat  yang berbahaya
d.       Seluruh ascesoris (jam tangan, topi, tas pinggang, kacamata, dll disimpan (dititipkan)
e.     Yakinkan posisi yang jatuh dan yang menerima pada posisi yang benar
f.      Perhatikan posisi orang yang akan jatuh supaya dalam keadaan tegak, pandangan lurus kedepan, kedua tangan terjalin, posisi kaki rapat dan ketika menjatuhkan badan posisi kaki tidak melangkah kebelakang, badan kaku seperti pohon tumbang
g.     Perhatikan posisi yang akan menerima, kaki dalam posisi kuda-kuda, kedua tangan didepan dada (tidak kaku) saling bersilang dengan teman didepannya, dan kepala tidak menunduk
h.     Cek ulang kekuatan tangan penerima ( ditepuk-tepuk kemudian lakukan lompatan uji coba dari permukaan tanah ) dan perhatikan posisi yang jatuh agar tepat lurus dengan penerima
i.       Perhatikan komunikasinya saat melakukan
            Equipment :      NO






8. Human Ledder
Issue     :  Keberanian, kepercayaan diri dan kelompok
Tugas    :  Berpindah dari satu sisi ke sisi lain dengan melewati tang ga yang
                dibuat temannya
Rule      :
a.     Satu orang menaiki dan menuruni tangga
b.     Peserta yang lain berpasangan dan saling berhadapan dengan memegang bambu so that terbentuk sebuah tangga untuk naik dan turun
            Proses  :
a.     Merasa was-was terhadap temannya yang menahan,
b.     Takut untuk jatuh, mengukur kepercayaan diri (J)
c.     Memberikan kepercayaan kepada teman dalam menerima beban (J)
d.     Cari posisi enak supaya tidak berat menahan beban orang yang naik
e.     Tidak serius menahan beban shg posisi penahan tidak seimbang (T)
f.      Merasakan beban saat bambunya dinaiki (T)
g.     Memberikan kepercayaan pada yang naik dengan kesiapannya menerima beban (T)
            SP        :
a.     Areal bermain mempunyai kontur yang relatif rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek, keras dan berbatu
c.     Pastikan kayu / bambu dalam keadaan layak pakai dan tidak licin
d.     Fasil memback-up saat peserta melakukan kegiatan
            Equipment :      Bambu

            INITIATIVE
  1. Blind Square
Issue     :  Perencanaan, Leadership, Kerjasama, Komunikasi
Tugas    :  Membuat segi empat sama sisi (bujur sangkar) dengan mata tertutup
Rule      :
a.     Kelompok dipersilahkan membuat bujur sangkar dengan mata tertutup
b.     Dalam waktu 15 menit (tentative) harus sudah terbentuk
            Proses  :
a.     Keseriusan & keinginan melakukan / mengerjakan kegiatan.
b.     Kemampuan menangkap intruksi
c.     Mencoba mengeluarkan ide-ide
d.     Memunculkan kemampuan diri (sifat ; kepemimpinan, analisa, dll) atau mungkin apatis







            SP        :
a.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek, tidak keras dan berbatu
c.     Tali tidak rapuh dan ujungnya sudah disimpul
            Equipment :      Tali pramuka 20 m (kedua ujungnya disimpul), Syal

  1. Spider Web
Issue     :  Perencanaan, Leadership, Kerjasama, Analisa, Resiko, Strategi
Tugas    :  Pindah tempat dengan melewati jaring laba-laba
Rule      :
a.     Kelompok dipersilahkan pindah keseberang jaring laba-laba
b.     Lubang yang telah dilalui tidakboleh dilalui lagi
c.     Peserta tidak boleh menyentuh tali lubang tersebut (ada penalty)
            Proses  :
a.     Keseriusan & keinginan melakukan / mengerjakan kegiatan.
b.     Ada resiko jatuh yang harus diperhitungkan / diantisipasi
c.     Mencoba mengeluarkan ide-ide
d.     Melihat, menganalisa dan menyesuaikan sumberdaya manusia dengan tujuan yang akan dicapai (sesuai ukuran lubang)
            SP        :
a.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek, tidak keras dan berbatu
c.     Tiang pancang kokoh
d.     Simpul dalam kondisi bagus (tidak bergeser)
e.     Pastikan jumlah dan besarnya lubang sesuai dgn peserta
            Equipment :      Jaring laba-laba

  1. Beam
Issue     :  Perencanaan, Leadership, Kerjasama, Analisa, Resiko, Strategi
Tugas    :  Pindah tempat dengan melalui balok diatas
Rule      :
a.     Kelompok dipersilahkan pindah keseberang melalui balok diatas
b.     Seluruh anggota kelompok berpindah dengan cara dan strateginya
            Proses  :
a.     Adanya perencanaan kerja
b.     Adanya kerjasama tim
c.     Adanya pengaturan strategi kerja
d.     Adanya perhitungan atas resiko kerja
            SP        : 
a.     Areal bermain mempunyai kontur yang relatif rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek, keras dan berbatu
c.     Pastikan pohon dan balok yang digunakan kokoh
d.     Fasil memback-up saat peserta melakukan kegiatan
e.     Perhatikan pegangan tangan peserta yang bisa menimbulkan disposisi tulang dan otot saat kegiatan berlangsung

            Equipment :      Balok, Webbing, Carabiner

  1. Meuse
Issue     :  Perencanaan, Leadership, Kerjasama, Analisa medan dan sumber
                daya, Resiko, Strategi
Tugas    :  Menyebrang dari sisi kiri kesisi kanan dengan melewati jembatan yang
                di pasang diatas balok
Rule      :
a.     Seluruh anggota kelompok diharuskan menyebrang dengan melalui balok diatas
b.     Gunakan balok sebagai jembatan
c.     Seluruh anggota kelompok diharuskan melewati semua titik dari drum (totem) yang ada sebagai titik penghubung menuju seberang
d.     Anggota yang terjatuh mendapat sangsi, pertama bisu, kedua buta, ketiga lumpuh dan kembali ketempat semula
e.     Seluruh material game ikut menyebrang
            Proses  :
a.     Penganalisaan route penyebrangan / titik.
b.     Pemahaman sumberdaya yang ada
c.     Pengumpulan ide / pendapat
d.     Perhitungan resiko yang timbul
            SP        :
a.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek, tidak keras dan berbatu
c.     Pastikan kayu jembatan dalam keadaan layak pakai
d.     Pastikan drum / totem dalam keadaan layak pakai (terisi air)
e.     Pastikan kayu tidak dilempar saat memindahkan posisi
            Equipment :      Drum / totem, Papan dan tali 5 m

  1. Low Electric
Issue     :  Perencanaan, Leadership, Kerjasama, Komunikasi
Tugas    :  Pindah dari sisi kiri ke sisi kanan dengan melewati tali
Rule      : 
a.     Seluruh anggota kelompok berpindah dari sisi kiri ke sisi kanan
b.     Ketika berpindah seluruh anggota badan tidak boleh menyentuh tali
c.     Tersentuhnya anggota badan berarti pengulangan bagi seluruh anggota kelompok
            Proses  :
a.     Perencanaan kerja
b.     Pengumpulan dan uji coba berbagi ide dan pendapat, mengeluarkan ide-ide
c.     Keseriusan dalam mengerjakan kegiatan
d.     Perkiraan resiko yang akan dihadapi
            SP        :
a.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek, tidak keras dan berbatu
c.     Ketinggian tali sebatas pinggang
d.     Simpul terpasang baik (kencang dan tidak mudah lepas)
            Equipment :      Dadung

  1. Electric Fence
Issue     :  Perencanaan, Leadership, Kerjasama, Komunikasi
Tugas    :  Pindah dari sisi kiri ke sisi kanan dengan melewati tali
Rule      :
a.     Seluruh anggota kelompok berpindah dari sisi kiri ke sisi kanan dengan
b.     menggunakan balok atau bambu yang ada
c.     Seluruh anggota diharuskan dapat pindah dari sisi bagian dalam ke bagian luar
d.     Tersentuhnya anggota badan berarti pengulangan bagi seluruh anggota kelompok
            Proses  :
a.     Perencanaan kerja dan penggunaan sumberdaya yang ada
b.     Pengumpulan dan uji coba berbagi ide dan pendapat, mengeluarkan ide-ide
c.     Keseriusan dalam mengerjakan rencana kerja
d.     Perkiraan resiko yang akan dihadapi
            SP        :
a.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek, tidak keras dan berbatu
c.     Bambu / kayu dalam keadaan layak pakai
d.     Bambu / kayu tidak licin
e.     Simpul terpasang baik (kencang dan tidak mudah lepas)
            Equipment :      Dadung, bambu 2 m

  1. Amazone
Issue     :  Perencanaan, Leadership, Kerjasama, Komunikasi
Tugas    :  Memindahkan air dalam ember
Rule      :
a.     Pindahkan ember yang ada dibawah ke atas
b.     Gunakan sumberdaya yang ada untuk membantu proses pemindahan ember tersebut
c.     Bagi tugas anggota kelompok menurut tugas yang diperlukan
d.     Perhatikan keselamatan dan keamanan kerja
           

Proses  : 
a.     Perencanaan urutan dan pembagian kerja
b.     Pengumpulan dan penampungan  berbagai ide / pendapat,
c.     Keseriusan / kesungguhan dalam mengerjakan tugas
d.     Perkiraan resiko yang akan dihadapi
            SP        :
a.     Gawir kuat ( menghindari longsor/ambrol )
b.     Cek perlengkapan sebelum digunakan
c.     Papan dalam keadaan layak pakai (tidak rapuh)
d.     Bambu kuat dan seluruh permukaannya tidak berhinis
e.     Tali tidaak rapuh (kuat)
f.      Orang yang mengambil air (tentative) harus memakai pelampung dan alas kaki
g.     Dasar kolam aman
            Equipment :      Balok papan 2 m, tiang bulat 2,5 m, tali kapal 6 m, ember,          tongkat 1,5 m

  1. Unstructure Information
Issue     :  Perencanaan, Leadership, Kerjasama, Komunikasi
Tugas    :  Membuat / merangkai suatu informasi yang terpecah menjadi suatu
                informasi yang terstruktur
Rule:    
a.     Gabungkan informassi / bahan yang didapat oleh tiap anggota kelompok
b.     Waktu yang diberikan 20 menit untuk menyusun informasi yang didapat
            Proses  :
a.     Adanya kerjasama, koordinasi, dan komunikasi
b.     Adanya penggabungan informasi yang didapat
c.     Adanya analisa serta perencanaan kerja
            SP:       -
            Equipment :      Potongan koran

  1. Traffick Jam
Issue     :  Perencanaan, Leadership, Kerjasama, Komunikasi
Tugas    :  Pindah dari barisan kiri ke barisan kanan
Rule      :
a.     Kelompok dibagi dua : kelompok kiri dan kelompok kanan
b.     Kelompok dibaagi dua baris dan berdiri diatas maatras duduk
c.     Pindah dengan melangkah kedepan satu langkah atau melewati satu teman
d.     didepannya satu langkah
e.     Terjadi kesalahan cepat kembali pada posisi semula
            Proses  :
a.     Perencanaan dan penganalisaan kerja
b.     Pengumpulan dan uji coba berbagai ide
c.     Keseriusan dan kesungguhan dalam menjalankan tugas
d.     Memperhitungkan berbagai kemungkinan timbulnya resiko mengulang
            SP:       -
            Equipment :      Matras Duduk

  1. Building Block
Issue     :  Perencanaan, Kerjasama, Komunikasi
Tugas    :  Buat bentuk yang sama
Rule      :
a.     Kelompok dibagi dua ( kel. A dan kel.B) masing-masing kelompok memiliki juru bicara
b.     Dengan material yang ada, silahkan membuat satu, dua / beberapa bentuk apa saja
c.     Bangunan yang dibentuk Kel. A dan Kel.B harus sama dengan tidak melihat
d.     Hanya juru bicara yang boleh berkomunikasi dengan Kel. lawan
Proses  : 
a.     Perencanaan dan penganalisaan kerja yang matang
b.     Penyampaian informasi yang jelas
            SP        : 
a.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek , tidak keras dan berbatu

            Equipment :      Balok mainan anak

  1. Scream Glass or Glass Move
Issue     :  Perencanaan, Kerjasama, Komunikasi, ketelitian, konsentrasi, leadership, saling percaya
Tugas    :  Memindahkan gelas & taplak ke tempat lain
Rule      : 
a.     Pindahkan taplak yang ada gelasnya 5 langkah ke kiri / kanan (atau berputar 180 derajat)
b.     Gelas yang berisi air tidak boleh tumpah dan tidak boleh  dipegang atau disentuh
c.     Tiap peserta harus memegang taplak meja tersebut
            Proses  :
a.     Adanya perencanaan dan penganalisaan kerja
b.     Adanya perhitungan resiko kerja
c.     Adanya komunikasi dan koordinasi bergerak
            SP        : 
c.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata
d.     Areal bermain tidak licin / becek , tidak keras dan berbatu

            Equipment :      Taplak meja dan Gelas berisi air

  1. Pipe Line or Bambu Line
Issue     :  Perencanaan, Kerjasama, Komunikasi, konsentrasi, leadership,
                kontrolling, inisiatif
Tugas    :  Masukan bola kekeranjang melalui pipe / bambu
Rule      :
a.     Masukan bola kekeranjang melalui pipe / bambu
b.     Setiap peserta harus memegang satu bambu / pipe
c.     Antara pipe / bambu tidak boleh bersentuhan
d.     Bola harus mengalir melaluui pipe / bambu
e.     Bola tidak boleh dipegang atau jatuh
f.      Bola terjatuh berarti seluruh bola kembali ke titik awal
            Proses  :
a.     Adanya perencanaan dan penganalisaan kerja
b.     Adanya perhitungan resiko kerja
c.     Adanya komunikasi dan koordinasi bergerak
SP        :
e.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata
f.      Areal bermain tidak licin / becek , tidak keras dan berbatu
            Equipment :  Bambu / pipe 20 buah (1 kelompok), Bola tiga ukuran

  1. Chocolate River
Issue     :  Perencanaan, Kerjasama, Komunikasi, konsentrasi, leadership,
                kontrolling, inisiatif, motivasi
Tugas    :  Menyebrang dengan menggunakan pelampung
Rule      :
a.     Tali pembatas ini kita anggap sebagai batas antara sungai dan daratan
b.     Semua peserta diharuskan menyebrang sungai ini dengan matras (anggap pelampung)
c.     Pelampung tersebut tidak boleh lepas dari anggota badan
d.     Bila pelampung terlepas maka dianggap hilang(terbawa arus) artinya pelampung berkurang
e.     Semua peserta harus menyebrang dengan menggunakan pelampung tersebut
            Proses  :
a.     Adanya perencanaan dan penganalisaan kerja
b.     Adanya perhitungan resiko kerja
c.     Adanya komunikasi dan koordinasi bergerak
SP        :          
a.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek , tidak keras dan berbatu
c.     Perhatikan pegangan tangan peserta yang bisa menimbulkan disposisi tulang dan otot saat kegiatan berlangsung
            Equipment :      Matras & Tali pembatas

  1. Bendera
Issue     :  Perencanaan, Kerjasama team, leadership, kontrolling, inisiatif,
                motivasi
Tugas    :  Mengambil bendera dengan menggunakan semua atribut yang bapak
                 / ibu miliki
Rule      :
a.     Silahkan mengambil bendera dengan menggunakan sumberdaya yang ada
b.     Rangkaian jangkauan tidak terputus
            Proses  :
a.     Adanya perencanaan dan penganalisaan kerja
b.     Adanya perhitungan resiko kerja
c.     Adanya komunikasi dan koordinasi bergerak
            SP        :
a.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek , tidak keras dan berbatu

            Equipment :      Bendera

  1. Kapal Karam
Issue     :  Perencanaan, Kerjasama team, kontrolling, inisiatif, motivasi, empati
Tugas    :  Menyelamatkan seluruh penumpang dengan memanfaatkan media
                yang semakin lama semakin kecil
Rule      :
a.     Silahkan semua anggota kelompok menempati media yang tersedia
b.     Tidak ada anggota tubuh yang keluar dari media tersebut (menyentuh tanah), dan ada penalty
c.     Setelah selesai, lanjutkan dengan media yang semakin kecil
            Proses  :
a.     Adanya perencanaan dan penganalisaan kerja
b.     Adanya perhitungan resiko kerja
c.     Adanya komunikasi dan koordinasi bergerak
d.     Adanya kerelaan berkorban
SP        : 
a.     Areal bermain mempunyai kontur yang relatif rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek, keras dan berbatu
c.     Pastikan media yang digunakan tidak mudah rusak
d.     Fasil memback-up saat peserta melakukan kegiatan
e.     Perhatikan pegangan tangan peserta yang bisa menimbulkan disposisi tulang dan otot saat kegiatan berlangsung

            Equipment :      Koran / Bagor

      16.  Hands
Issue     :  Komunikasi, Kerjasama team dalam masalah, Perencanaan, Kontroling, Leadership.
Tugas    :  Membuat lingakaran.
Rule      :
a.     Angkat tangan masing-masing.
b.     Julurkan tangan kiri ke depan.
c.     Raih tangan kiri  yang di seberang dengan tangan kanan
d.     Tangan kanan dan tangan kiri yang di raih bukan dari orang  yang sama
e.     Silakan membuat lingkaran
SP        :          
a.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek , tidak keras dan berbatu
c.     Perhatikan pegangan tangan peserta yang bisa menimbulkan disposisi tulang dan otot saat kegiatan berlangsung
Equipment        :           No

      17. Maze
Issue     :  Komunikasi, Kerjasama team dalam memecahkan masalah,
                Perencanaan, Kontroling, Leadership.
Tugas    :  Menyebrang sampai ke titik finish
Rule      : 
a.     Kotak-kotak yang bagor ini adalah  jembatan menuju ke titik finish                        
b.     Tapi tidak semua kotak di injak, ada beberapa kotak yang isinya bomb yang bisa meledak.
c.     Bila kotak bomb itu di injak, maka peserta harus kembali ke titik star.
d.     Peserta hanya boleh bergerak ke kiri atau ke kanan, atau ke depan.
e.     Peserta tidak boleh bergeser meyerong.
f.      Di antara peserta boleh memberitahu temannya.
g.     Silakan menyebrang dengan melewati jembatan kotak ini.
h.     Bila saya berkata “ Diir “ itu artinya peserta menginjak kotak bomb dan harus kembali ke titk star.
SP        :
a.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek , tidak keras dan berbatu
Equipment        :           Bagor Maze
            
      18. Go for it
Issue     :  Mengolah informasi yang ada, menginformasikan data yang didapat,
                Komunikasi, Kerjasama team, Perencanaan, Leadership.
Tugas    :  Melakukan / mengerjakan tugas sesuai perintah / intruksi yang
                diberikan dalam selembar kertas
            Aturan   :
a.     Tutup kertas informasi yang diberikan fasilitator
b.     Buka dan baca informasi yang ada pada kertas sesuai waktu yang ditentukan
c.     Lakukan sesuai dengan informasi yang didapat
SP        :
a.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek , tidak keras dan berbatu                       
Equipment        : Tiang / Stick 1 m, Telor dalam plastik, tali 1m, alat ukur 30 cm

  1. All a Board
Issue     :  Kerjasama, inisiatif, peduli sesama teman, saling bantu untuk tujuan
                bersama
Tugas    :  Pindah tempat keseberang dengan menggunakan tali ayunan
Rule      :
a.     Semua peserta harus pindah ke seberang dengan menggunakan tali
b.     Peserta tidak boleh menyentuh tanah (kalo terjadi diulang)
c.     Peserta tidak boleh keluar dari lingkaran
            Proses  : 
a.     Saling membantu antar teman
b.     Harus menyusun strategi
SP        : 
a.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek, tidak keras dan berbatu
c.     Pastikan kayu jembatan dalam keadaan layak pakai
d.     Pastikan drum / totem dalam keadaan layak pakai (terisi air)
e.     Pastikan kayu tidak dilempar saat memindahkan posisi
            Equipment :      Tali ayunan, lingkaran / nomor-nomor

  1. Pole and Tire
Issue     :  Kerjasama, Leadership, Perencanaan sumber daya, penganalisaan
                resiko kerja
Tugas   :   Memasukkan dan mengeluarkan kembali ban mobil kedalam tiang
                yang berdiri tegak, ketika memasukkan dan mengeluarkan ban tidak
                menyentuh tiang
Rule      :
a.     Masukkan ban mobil ke dalam tiang yang berdiri tegak
b.     Keluarkan kembaali ban mobil tersebut
c.     Ketika memasukkaan dan mengeluarkan ban mobil tersebut ban tidak menyentuh tiang
d.     Lakukan dalam waktu 20 m effektif kerja
            Proses  : 
a.     Adanya perencanaan kerja
b.     Adanya komunikasi
c.     Kerjasama dan penyelesaian masalah
d.     Adanya perhitungan terhadap resiko kerja
            SP        : 
a.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek, tidak keras dan berbatu
c.     Bambu / kayu tertanam kuat or kokoh
d.     Bambu / kayu permukaannya tak berhinis
e.     Ban dalam kondisi layak pakai (tidak robek)
f.      Fasil memback-up saat dibutuhkan
            Equipment :      Tiang 4,5 m dan ban luar mobil 15 inch

  1. Key Punch
Issue     :  Analisa masalah, kerjasama, koordinasi, komunikasi, leadership,
                perencanaan
Tugas    :  Kelompok menyetuh semua nomor yang ada dalam areal game
                secara berurutan dari nomor 1 s/d 30
Rule      :  
a.     Semua kelompok memulai dan mengakhiri game dari garis finish
b.     Waktu dihitung ketika orang pertama keluar / melewati garis start sampai orang terakhir kembali
c.     Semua nomor disentuh secara berurutan
d.     Ketika menyentuh nomor selanjutnya, nomor sebelumnya tidak boleh terlepas dari anggota badan
e.     Letak nomor tetap (tidak berubah)
f.      Pinalti waktu diberikan
g.     Berada dua atau lebih oranng dalam areal game (perorang 2 menit)
h.     Nomor tidak tersentuh secara berurut (pernomor 1 menit)
i.       Seluruh perencanaan kerja dilakukan diluar areal permainan
j.       Selama berada diareal game tidak ada komunikasi verbal
k.     Setiap orang minimal 1 kali kesempatan berada diareal game
            Proses  : 
a.     Adanya perencanaan kerja
b.     Adanya komunikasi
c.     Adanya analisa dan urutan kerja
d.     Adanya perhitungan terhadap resiko kerja
            SP:       -
            Equipment :      Tali pramuka 40 m (30 m dan 10 m) matras bernomor 1 s/d 30


  1. Orienteering
Issue     :  Analisa masalah, kerjasama, koordinasi, komunikasi, leadership,
                perencanaan
Tugas    :  Mencari titik yang tertera dipeta sebanyak mungkin
Rule      :
a.     Cari titik yang tertera dipeta sebanyak mungkin
b.     Setiap titik memiliki nilai berbeda
c.     Waktu, titik awal dan titik finish ditentukan
d.     Keterlambatan waktu merupakan pinalty dan kelebihan waktu merupakan bonus
            Proses  :
a.     Adanya kerja sama kelompok
b.     Adanya pembagian tugas dalam kelompok
c.     Adanya perencanaan kerja
            SP        : 
a.     Pastikan jalur / route yang dipilih tercover, peserta yang melalui point-point extrem terdata
b.    Dalam pemilihan jalur / route harap perhatikan karakteristik peserta
c.     Chek and Rechek peserta saat memasuki finish
d.    Pastikan pointernya terpasang ditempat yang sesuai dengan peta dan tidak terlalu sembunyi
            Equipment :      Tali pramuka 40 m (30 m dan 10 m) matras bernomor 1 s/d 30

  1. Hole Electric
Issue     :  Analisa medan dan sumberdaya, kerjasama, koordinasi, komunikasi,
                leadership, perencanaan, resiko, styrategi
Tugas    :  Menyebrang dari sisi kiri ke sisi kanan melewati lorong dengan alat
                bantu balok
Rule      :
a.     Seluruh anggota kelompok diharuskan menyebrang dari sisi  kiri ke sisi kanan
b.     Gunakan balok sebagai jembatan
c.     Seluruh anggota kelompok diharuskan melewati semua titik dari drum (totem) yang ada sebagai titik penghubung menuju seberang
d.     Anggota yang terjatuh mendapat hukuman
e.     Seluruh material game ikut menyebrang
f.      Ketika melewati lorong anggota badan tidak boleh menyentuh tali apabila
menyentuh, perjalanan diulang dan semua teman kita yang telah sampai kembali ketitik awal
            Proses  : 
a.     Penganalisaan route penyebrangan / titik
b.     Pemahaman sumberdaya yang ada
c.     Pengumpulan ide dan pendapat
d.     Perhitungan resiko yang timbul
            SP        :
a.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek, tidak keras dan berbatu
c.     Pastikan balok dalam keadaan layak pakai
d.     Pastikan tiang pancang terpasang kokoh dan tali penbatas tidak kendor
e.     Pastikan drum / totem dalam keadaan layak pakai (terisi air)
f.      Fasil memback-up pada saat berbahaya selama kegiatan berlangsung
            Equipment :      Totem (drum), papan / balok, tali pembatas, tiang pancang

  1. Blind Soccer
Issue     :  Membentuk kerjasama, keberanian untuk memimpin, kemauan untuk
                mendengar dan dipimpin, komunikasi effektif
Tugas    :  Bermain bola dengan mata tertutup
Rule      :
a.     Tentukan dua orang untuk menjadi leader, mata tdk ditutup
b.     Rombongan yang lain matanya ditutup
c.     Posisi leader berada diluar lapangan
d.     Pemain berusaha memasukkan bola sebanyak-banyaknya
Proses  :
a.     Leader memberi perintah yang nggak jelas tujuannya
b.     Pemain bingung bergerak kemana, harus ada perintah yang jelas dan disepakati
c.     Komunikasi harus dipahami semua pihak
            SP        :
a.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata daan tidak berlubang
b.     Areal bermain tidak licin / becek, tidak keras dan berbatu serta tonggak kayu dll
c.     Pastikan rapia (pembatas) tidak mengganggu pergerakan pemain
d.     Bola tidak kempes dan tidak terlalu keras
e.     Ingatkan peserta untuk memastikan keberadaan bola dahulu sebelum menendang
f.      Fasil memback-up saat dibutuhkan
            Equipment :      Bola, rapia (pembatas), bambu (2 bh gawang), syal / bandana

  1. Wall
Issue     :  Analisa medan dan sumberdaya, kerjasama, koordinasi, komunikasi,
                leadership, perencanaan, resiko, strategi
Tugas    :  Menyebrang dari satu sisi  ke sisi lainnya melewati tembok / batang kayu
Rule      :
g.     Seluruh anggota kelompok diharuskan menyebrang dari satu sisi ke sisi lainnya dengan melewati tembok/batang kayu tersebut
h.     Diatas tembok/batang kayu paling banyak diduduki oleh 2 orang dengan orang ketiga membantu salah seorang peserta melewati tembok/batang
i.       Anggota tim yang belum mendapat giliran atau tidak sedang membantu, menjadi pengaman (spotting) permainan
j.       Bilaa salah seorang peserta sudah melewati rintangan tembok/batang, ia tidak boleh kembali lagi. Tetapi harus tetap ikut mengamankan peserta lain yang turun
k.     Tidak diperkenankan melemparkan orang melalui rintangan
Tidak diperkenankan memanjat melalui pinggiran tembok atau batanng pohon penyangga dikiri maupun kanan
            Proses  : 
e.     Penganalisaan route penyebrangan / titik
f.      Pemahaman sumberdaya yang ada
g.     Pengumpulan ide dan pendapat
h.     Perhitungan resiko yang timbul
            SP        :
a.     Areal bermain relatif mempunyai kontur yang cukup rata
b.     Areal bermain tidak licin / becek, tidak keras dan berbatu
c.     Pastikan batang/tembok rintangan dalam keadaan layak pakai
d.     Pastikan pohon penyangga batang kokoh
f.      Perhatikan pegangan tangan peserta yang bisa menimbulkan disposisi tulang dan otot saat kegiatan berlangsung
e.     Fasil memback-up pada saat berbahaya selama kegiatan berlangsung
            Equipment :      Tembok rintangan atau batang kayu panjang 3 m dan diameter
                                    20 cm. Tinggi rintangan sekitar 2 m atau disesuaikan dengan
                                    kondisi dan umur peserta

26 Menyebrang  jaring
Tujuan :
Mengembangkan sikap kerjasam, mangembangkan kemampuan dalam memecahkan suatu masalah, mengembangkan sikap pemimpin dan dipimpin serta sikap berani mengambail resikop.
Paserta :
Kelompok umur 16 tahun ke atas dan terbagi dalam kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan 5-10 orang.
Perlengkapan :
Jaring ukuran 3x3 meter (telah terpasang dengan tegang di arena ), balok atau kotak peluruh, tali manila diameter ¼ inci sepanjang dua meter.
Petunjuk :
Ø  Sebelum permainan di mulai, jaring telah terpasang dengan sempurna di arena (di antara dua pohon bersar ).
Ø  Anggapsaja balok atau kotak peluruh ( yang ada di antara peserta ) tersebut dalai  suatu benda yang
Ø  Sangat berharga, yang membutuksn perlakuan sangat hati-hati. Tadak boleh jatu atau banting!.
Ø  Setiap kelpmpok harus bekerja sama untuk memindahkan “ benda berharga” tersebut ke sebrang jaring, dengan bantuan peralatan yang tersedia ( tali ). Demikian juga dengan semua pesertaharus ikut berpindah ke sebrang jaring.
Ø  Permainan di anggap selesai bila semua peserta dan “ benda berharga”  tersebut telah bepindah ke sebrang jaring. Atau, permainan dianggap telah selesai bila benda berharga tersebut lepas atau jatuh.
Ø  Permainan juga dianggap telah selesai bila limit waktu yangdi sediakan untuk regu tersebut telah terlewati.
catatan :

Permainan ini di lakukan perkelompok. Ketika satu kelompok tengah bermain, kelompok lain tidak di perkenankan berada diarena permainan ( tadaak boleh melihat ).
Bahan yang bisa didiskusikan

27. Membangun jembatan
Tujuan:
Mengembangkan kerjasama tim, mengembangkan kemampuan memimpin dan dipimpin, serta kemampuan menganalisa dan merencana kerja.
Peserta :
Usia 16 tahun ke atas.
Perlengkapan:
Satu bilah papan sepanjang 75sm, satubilah papan sepanjang 150sm, 2 atau 3 balok ( totem ) kayu setinggi 40-50sm, tali manila diameter 12 inci sepanjang 150cm.
Petunjuk:
Ø  Dua atau tiga buah balok di pasaang dalam jarak yang renggang.
Ø  Posisi balok tersebut harus kuat. Tidak mudah berubah posisi ( berpengaruh pada jarak ).
Ø  Setiap balok di beri garis pembatas ( tali rapia ).
Ø  Jarak antara balok denga balok yang di batasi rapia, merupakan daerah berbahaya yang tidak boleh terinjak.
Ø  Dengan menggunakan perlengkapan yang ada, dua bilah papan dan tali manila, setiap regu harus mampu menyebrangkan semua anggotanya dari balok yang satu ke balok berukutnya.
Ø  Proses perencanaan dan pembuatan jembatan dilakukan dengan tidak menyentuh daerah bahaya; baik perlengkapan menyebrang  maupun anggota tubuh peserta.
Ø  Setiap peserta yang bagian tubuhnya ( menginjak ), misalnya daerah bahaya, maka peserta tersebut terkena sangsitidak boleh melanjutkan keterlibatannya dalam permainan ini.
Ø  Penyebrangan di anggap selesai, bila semua peserta telah berhasil menyebrang. Atau bila limit waktu yamg tersedia terlewati.

Bahan yang bisa didiskusikan:


28. Jembatan goyang
Tujuan:
Ø  Mengembangkan kerjasama tim.
Ø  Melatih kemampuan kosentrasi.
Peserta: usia tidak terbatas.
Perlengkapan :
Ø  2 bilah papan ukuran 2 meter, tali manila ukuran ½  incih sepanjang 2 meter sebanyak 4 buah, 8 buah patak besi ( panjang satu meter, diameter 5 cm ), balok atau kotak peluruh satu buah.
Petunjuk:
Ø  dua buah papan di rancang menjadi dua buah jembatan goyang yang berdekatan. Alaat bantu untuk membuat jambatan berupa patok besi dan tali manila.
Ø  Jembatan harus suda terpasang saat peserta datang ke arena bermain.
Ø  Setiap regu harus menyebrangi kedua jembatan tersebut, dengamn satu bahan tambahan yaitu: menyebrangkan sebuah benda berharga ( ( ( bolak /balik peluruh ). Saat satu regu tengah bermain, regu lain tidak di perkenankan melihat.
Ø  Setiap anggota regu yang jatuh, terkena sangsi tidak di perkenankan melanjutkan permainan.
Ø  Bila saat melakukan penyebrangan baloknya yang dibawah terjatuh, hanya orang yaang bersangkutan yang boleh mengambilnya kembali ( denga tidak harus jatuh dari jembatan, tentunya! ).
Ø  Permainan di anggap selesai bila semua regu dengan baloknya, telah berhasil melewati jembatan goyang. Atau bila limit waktu yamg di sediakan telah terlewati.

Bahan yang bisa didiskusikan:

28. Log shuffle
Tujuan:
Ø  Membina kerjasam tim
Peserta:
Ø  Per- kelompok.
Peralatan:
Ø  Long kayu sepanjang lebih kurang 10 meter. Tali dan patok ( bila diperlukan ).
Pemasangan alat:
Ø  Sebatang balok di simpan (bisa juga di gantung ) dalam posisi horisontal.
Petunjuk:
Ø  Dua kelompok ( A dan B ) berdiri pada ujung yang saling bersebrangan.
Ø  Dalam saat yang bersamaan, kedua kelompok tersebut harus berpindahtempat ke sebrang lainnya tanpa terjatuh.
Ø  Beri limit waktu, denda atau pinalty bagi peserta yang terjatuh.
Ø  Peserta yang gagal harus mengulang kembali ke belakang.
Ø  Beri kesempatan beberapa kali untuk mencoba, agar hasil yang di dapat baik.
Ø  Untuk menambah bobot permainan, beri tugas pada masing-masing kelompok untuk mengorek informasi dari regu ( orang per orang ) yang akan di laluinya. Misalnya tanggal lahir, bulan atau apa saja.
Ø  Permaina di anggap selesai bila semua peserta telah berada dalam posisislaing bersebrangan.
Ø  Setelah selesai tanyan kepada masing-masing peserta, informasi apa yang berhassil mereka dapat.

Bahan yang didiskusikan:

28.Mahawk traverse:

Tujuan:
Ø  Membina kerjasama kelompok
Peserta:
Ø  Per- kelompok ( 5-10 orang ).
Peralatan:
Ø  Wire, baut, kunci pas/ring, tracker.

Teknik pemasangan alat:
Ø  Wire diikatkan diantara dua pohon ( lintasan yang terpasang esbaiknya lebih dari satu bentangan, dengan jarak yang semakin jauh ).
Ø  Tinggi bentangan wire dari tanah 50-75 cm.
Petunjuk:
Ø  Semua peserta di minta untuk berjalan melewati semua bentangan tali secara bersama-sana.
Ø  Beri kesempatan kepada para peserta untuk mendiskusikan tugas /game ini selama 30 menit.
Ø   Bila ada peserta yang mencibanyan sendiri, biarkan saja ( mencobanya sendiri sangat sulit  untuk di lakukan ).
Ø  Waktu yang tersedia untuk memainkan game ini 30 menit.
Ø  Permainan di anggap selesai bila semua peserta telah berhasil melintas.
Ø  Atau permainan ini di anggap selesai bila waktu yang tersedia telah habis.
Bahan yang bisa didiskusikan.



29.Prouty’s Landing

Tujuan:
Ø  Mengembangkan inisiativ dan kerjasama kelompok.
Peserta:
Ø  Per-kelompok ( 10 orang ).
Peralatan:
Ø  Box persegi panjang ( ukuran 1x1 meter, tinggi 20 cm )
Ø  Tali dadung besar 10 meter
Ø  Tali plastik kecil untuk pembaasan lintasan yang harus di sebrangin
Pemasangan alat:
Ø  Tali di ikat dan di gantungakan diatas pohon, box di simpan pada jarak 2-3 meter dari posisi tali digantung.
Petunjuk:
Ø  Semia peserta harus menyebrang ( dengan bergantung pada tali ) dan mendarat di atas box yang tesedia.
Ø  Beri kesempatan 3-5 menit untuk mendiskusikan tugas ini.
Ø  Peserta yang gagal mendarat, tapi masi bergantung pada tali, masi di perkenankan untuk mencoba kembali, selama belum terjatuh ke arealyang harus di sebrangi.
Ø  Permainan dianggap  selesai, bila semua peserta telah mendarat di atas box. Atau hanya sebagian saja yang berhasil ( kena pinalty/ gagal mendarat ).
Ø  Atau permainan di anggap telah selesai bila waktu yang tersedia telah terlampaui.
Ø  Waktu yang tersedia untuk melakukan game ini 30 menit.
Bahan yang bisa didiskusikan.

30.Dangle Do


Tujuan:
Ø  Melatih kepekaan dalam menganalisa, menggambarkan tentang perbedaan persepsi tehadap satu masalah.
Peserta:
Ø  Per-regu ( 5 orang ).
Peralatan:
Ø  Tali dadung besar ( seperti untuk meluncur )
Ø  Kernmantel
Ø  Webbing
Ø  Sling
Ø  Carabiner kunci
Ø  Sarung tangan kulit
Pemasang alat:
Ø  Tali dadung disimpul dengan jarak yang semakin renggang.
Ø  Tali tersebut di gantung pada pohon dengan ke tinggian kira-kirs 10 meter.
Ø  Simpul yang renggang berada di bagian atas.
Ø  Pada posisi yang hampir sama kernmantel di gantung ( alat bantu : sling, pulley, karabiner ) sebagai alat pengaman.
Petunjuk:
Ø  Saat memasukan arena, semua peserta telah mengenakan tali tubuh (webbing).
Ø  Ajak semua peserta untuk mencapai bagian bawah tali ( berkeliling ). Jarak peserta dengan tali tidak lebih dari satu meter.
Ø  Setelah peserta megamati tali yamg tergantung, tanyakan sampai simpul yang ke berapa mereka bisa memanjat tali ? catat kesanggupan semua peserta.
Ø  Pasaga tali pengaman ke tali tubuh peserta, lalu…… selamat memanjat!.
Demikian di lakukan semua peserta mendapat giliran. ( sarung tangan bisa di pakai, sepatu tidak boleh di lepas.
Ø  Catat hasil yang di dapat masing-masing peserta. Didiskusikan kenapa hasilnya tidak sesuai dengan yang di rencanakan.
Ø  Selanjutnya, buat rencana untuk setiap anggota regu. Sampai tingkat berapa anggota setiap anggota regu mampu mencapai. Catat kesanggupanyan, dan “ Hup,…….hup,…..!”
Bahan yang bisa didiskusikan.

30.Log or Box Moving:

Tujuan:
Ø  Kerjasama tim, komunikasi, perhitungan resiko dan analisa serta perencanaan kerja.
Peserta:
Ø  Per-kelompok ( 5 orang ).
Peralatan:
Ø  Tali dadung
Ø  Box / log dengan berat 75-100 kg
Ø  Webbing
Ø  Carabiner
Ø  Kayu/tali pembatas ( 3-4 meter ).
Pemasangan alat:
Ø  Katu atau tali di bentang di antara dua pohon. Jarak antara pohon 3 m. tinggi tali atau kayu 100 meter dari tanah.
Ø  Box / log di simpan dua meter di depan kayu pembatas.
Ø  Tali dadung di gantung di atas tali pembatas.
Petunjuk:
      Di kisahkan, dalam sebuah pertempuran, satu regu peserta mendapat tugas untuk memindah kan bom yang sangat sensitif. Pagar pembatas yang harua di sebranginya juga tidak kurang bahayanya.Pagar tersebut terbalut kawat yang bermuatan listrik tegangan tinggi. Tapi, dengan perencanaan yang cermat, kerjasama yang harmonis dan komunikasiyang efektif, sipemberi tugas yakin, kalau bom tersebut mampu dipindahkan dengan aman. Demikian juga dengan para peserta yang di yakininya akan mampu melakukan dengan selamat. Untuk memindahkan bom tersebut, ada beberapa ketentuan yang harus di penuhipara peserta yaitu:
Ø  Semua peserta beserta log/box harus bepindah ke sebrang pagar pembatas.
Ø  Peserta plus log/box juga tali tidak boleh menyentuh pagar pembatas.
Ø  Box/log harus mendapatkan perlakuan istimewa (tadak boleh terkena benturan, dan tidak boleh di bebani ).
Ø  Bila ada salah seorang peserta yang menyentuh pagar pembatas maka peserta tersebut di anggap gugur. Selanjutnya ia hanya boleh menjadi penonton.
Ø  Bila salah seorang peserta membebani box/log  ( menduduki atau berdiri di atasnya ) maka semua peserta di anggap gugur.
Ø  Bila box/log yang menyentuh pagar pembatas, atau bila box/log terkena benturan maka semua peserta di anggap gugur.

Sebelum permainan di mulai, beri kesempatan kepada peserta untuk mendiskusikan selama 5 menit.

Bahan yang bisa didiskusikan:

31 Penyebrangan Kering
Tujuan:
Ø  Mengembangkan keberanian dalam mengambil resiko
Ø  Mengembangkan sikap saling memberi dorongan / perhatian
Ø  Mengembangkan kemampuan berkonsentrasi.
Peserta:
Ø  Semua umur.
Perlengkapan:
Ø  Tambang manila diameter 1 inci sepanjang 30 meter
Ø  Tali pramuka ukuran 1,5 meter sebanyak 15 potong
Ø  Carabiner
Ø  Prusik
Ø  Tubular webbing.
Petunjuk:
Ø  Jembatan tali sudah terbentang di arena. Jembatan tersebut bisa hanya satu bentangan, atau juga dua atu tiga bentangan. Masing –masing bentangan panjangnyan tadak kurang dari 5 meter. Tinggi jembatan dari pemukaan tanah sekitar 1-1,5 meter.
Ø  Setiap peserta harus menyebrangi jembatan tersebut. Setiap peserta yang jatuh, tidal di perkenankan untuk melanjutkan penyebrangannya.
Ø  Teknis penyebrangan bisa di lakukan orang per orang. Bisa juga secara bersamaan oleh tiap regu.
Ø  Setiap session penyebrangan hanya di lakukan satu regu. Ketika satu regu tengah melakukan penyebrangan, regu-regu lain di haruskan menunggu. Tidak boleh berada di arena penyebrangan (menonton)
Ø  Penyebrangan dianggap selesai, bila semua anggota regu telah melakukan penyebrangan

Penyebrangan Basah (Rawa)
Tujuan   : Mengembangkan rasa kebersamaan, mengembangkan sikap berani daalam mengambil resiko
Peserta  : semuaa umur 5 – 10 orang
Perlengkapan  : Tali manila / static sepanjang 50 m, 4 snap karabiner, 2 tabullar webbing, prussik
Petunjuk :
Ø  Tali pengaman penyebrangan telah terpasang dengan kencanng saat penyebranngan rawa / basah akan dilakukan
Ø  Kedalaman rawa yanng akan disebrangi tidak lebih dari 50 m, Panjang rawa yang harus disebrangi berkisar 10 m
Ø  Setiap peserta harus menyebrangi rawa dengan berpegangan pada tali pengaman secara beriringan
Ø  Penyebrangan dianggap selesai, bila semua peserta telah melakukan penyebranngan
Bahan yang didiskusikan :

Orientering Danau
Tujuan :  Mengembangkan kerjasama tim, kemampuan menganalisa masalah dan perencanaan kerja, serta sikap memimpin dan dipimpin
Peserta  : usia 16 tahun ke atas, setiap regu akan dibimbing oleh 1 orang kapten (pengarah teknis)
Peralatan : Perahu karet, pelampung, dayung, pompa, titik kontrol, denah/peta situasi danau, kartu kontrol, titik kontrol, label nilai
Petunjuk :
Ø  Sejumlah titik kontrol (juga dengan label nilai) telah terpasang diseputar danau
Ø  Perahu, pelampung dayung serta seoranng penanggung jawab teknis telah siap di perahu
Ø  Setiap ketua regu berkumpul untuk mendapatkan pengarahan teknis, kepada setiap Danru diberikan kartu titik kontrol dan peta situasi danau
Ø  Koordinator orientering menunjukkan peta situasi danau yanng telah berisi nama-nama dan nama titik kontrol (plus besar kecil nilainya), semua Danru diminta menyalin posisi-posisi titik kontrol yang ada pasda peta koordinator kepada peta yang dimilikinya
Ø  Usaai semua titik kontrol tersalin, Koordinator memberitahukan bahwa “tersedia waktu 30 menit bagi setiap regu untuk berburu sebanyak-banyaknya titik kontrol. Kelebihan atau kekurangan waktu dari waktu yang disediakan akan mendapat pengurangan nilai. Setiap menit kelebihan/kekurangan bernilai – 5 “
Ø  Setelah pengarahan teknis selesai, setiap Danru diminta membuat rencana “pemburuan” titik kontrol bersama anggota regunya. Waktu yang tersedia untuk berdiskusi hanya 5 menit. Setelaah ada kesepakatan, nama-nama titik kontrol yang akan diburu harus  dicantumkan di dalam kartu kontrol
Ø  Bila rencana setiap regu telah dilaporkan kepada koordinator, setiap regu bisa langsung menaiki perahu, untuk mendapat pengarahan teknis mengendalikan perahu dari kapten perahu
Ø  Waktu 30 menit dimulai ketika semua regu telaah berada diatas perahu
Ø  Syahnya satu titik kontrol telah tercapai, hanya bila ada tanda bukti (label) yang tertera di dalam kartu kontrol
Ø  Regu terbaik adalaah regu yang berhasil mengumpulkan nilai tertinggi.

Building Raft
Tujuan  :  Kerjasama dalam satu sinergi, perencanaann strategik, pengimplementasian rencanaa strategik, komunikasi effektif, leadership, pengalokasian sumber daaya, kemampuan mengatasi ketakutan akan tenggelam
Tugas  : Memindahkan seluruh anggota kelompok dengan menggunakan alat tranportasi air, dari titik start menuju titik-titik tertentu, sesuai dengan peta danau dan berakhir kembali menuju titik start.
Syaarat-syarat pembuatan dalai  : kuat, aman, laju dan nyaman
Peserta  : Per-regu (12 orang)
Durasi  :  2 – 3 jam
Lokasi  :  perairan yang cukup luas
Peralatan  : 
Ø  Delaapan buah drum plastik
Ø  Limaa batang bambu @ 3,5 m
Ø  Empat batang bambu @ 6 m
Ø  Sepuluh utas tali @ 10 m
Ø  Dayung : Bambu, bilah daayung, dan tali prisik
Semua alat tersebut diatas  tidak boleh dipotong. Pembangunannya ikuti petunjuk yang diberikan
SP  :
Ø  Pastikan semua anggota tim menggunakan pelampung dan alas kaki (sepatu / tidak sandal jepit)
Ø  Pastikan konstruksi rakit kokoh
Ø  Beri pengetahuan mendayung yang effektif
Ø  Sebelum pengarungan lakukan dahuli Swim Chek


Solo Camp
Tujuan  :  Mengetaahui dan memahami kelebigan serta kekurangan individu, mengembangkan rasa percaya diri, tidak mudah putus asa, keberanian dalam mengambil keputusan, memberi kesempatan berkontemolasi dengan dirinya.
Peserta  : Individual
Peralatan  :  Ponco / flysheet, tali, pluit whistle, makanan ringan
 Petunjuk  :
Ø  Lokasi camp  / bivoac ditentukan oleh instruktur
Ø  Radiuss 50 m untuk masing-masing peserta
Ø  Antara anggota kelompok dilarang saling berkomunikasi
Ø  Komunikasi haanya digunakan pada saat Emergency  dengan cara meniupkan pluit sesuai kode yang ddisepakati
Ø  Maakanan disediakan oleh instruktur dan debagikaan sebelum solo camp dilakukan
Ø  Sebelum solo camp / bivoac dilakukaan, kepada peserta diberikan lembar evaluasi untuk : rencana pribadi kedepaan ; evaluasi untuk diri sendiri dan teman



















Permainan-permainan komponen Ropes  :

1. Rock Climing and Rappelling
Tujuan      :  Mengembangkan kemampuan komunikasi, saling percaya,
                   pengambilan keputusan, percaya diri, tidak mudah putus asa,
                   support.
Peserta    :  Per-kelompok
Peralatan  :  Peralatan rock climbing lengkap
Petunjuk   :
Ø  Tinggi tebing kurang lebih 10 m
Ø  Jenis batuan kasar dan kuat (tidak mudah rontok)
Ø  Kemiringan tebing 60 – 70 derajat
Ø  Untuk pertimbangan keselamatan, safety yang digunakan dalai  double safety
Ø  Teknik dasar  memanjat diberi tahu kepada peserta
Ø  Sebelum memasuki arena pelatihan, tali tubuh harus sudah terpasang disetiap peserta
Bahan yang bisa didiskusikan :

2. Wild Woosey
Tujuan      :  mengembangkan kemampuan konsentrasi dalam kegiatan beresiko,
                   mengembangkan kerjasama di dalam kelompok
Peserta    :  Per-kelompok (10 – 20  orang)
Peralatan  :  2 buah wire ukuran 1 inch, alat pengunci (mur, pengikat wire), kunci
                   pas / ring
Pemasangan alat :
                   2 buah wire dibentang dalam posisi horizontal.Jarak antara wire kira
                   -kira 150 cm, tinggi wire (bagian bawah) dari tanah sekitar 100 cm
Petunjuk   :
Ø  Dua orang peserta diminta berdiri di kedua bentangan wire dengan posisi tangan saling menyangga
Ø  Saat dua orang memanjat wire, dua orang lainnya boleh membantu naik. (hanya untuk naik saja)
Ø  Setelah kedua peserta berada di atas wire, beberapa orang peserta lainnya di minta membungkuk, tangan menyangga di lutut, di tengah-tengah ( di antra ke dua bentangan wire ). Setiap peserta di atas bergerak, maka peserta yang membungkuk di bawa harus mengikutinya ( spotting ). Peserta yang membungkuk ini menjadi tumpuan bila peserta di atas terjatuh.
Ø  Semua gerakan di lakukan dengan tanpa komunikasi verbal.
Ø  Sebelum permainan di lakukan, instruktur harus memberikan prosedur dengan singkat dan jelas. Setelah intruksi di berikan, beri kesempatan kepada para peserta untuk mendiskusikannya selama lima menit. Setelah itu, komunikasi harus berlangsung non verbal.
Ø  Permainan di anggap selesai bila semua peserta telah mencoba melintasi wire.

Catatan :  games ini juga bisa di buat dalam bentuk High rope. Sistem pengaman di lakukan dari bawah ( belayel ), dengan cara memasang dua wire di atas jalur yang harus di susun .saat peserta mulai meniti tangga menuju jalur wild woosey, pengamanan harus sudah mulai dilakukan  

 

Bahan yang bisa di diskusikan :

 

 

3. Mohawk Travelse

Tujuan      :  Membina kerjasama kelompok

Peserta    :  Per – kelompok ( 5-10 orang )

Peralatan :   Wire, baut, kunci pas / ring, tracker

Teknis pemasangan alat :

                   Wire diikatkan diantara  2 pohon ( lintasan yang terpasang

                   sebaiknya lebih dari satu bentangan, dengan jarak yang semakin

                   jauh ). Tinggi bentangan wire dari tanah 50-75 cm.

Petunjuk:
Ø  Semua peserta diminta untuk berjalan  melewati semua bentangan  tali secara bersama-sama.
Ø  Beri kesempatan kepada para peserta untuk mendiskusikan tugas / game ini selama 3-5 menit.
Ø  Bila ada peserta yang mencobanya sendiri, biarkan saja (mencobanya sendiri sangat sulit untuk dilakukan).
Ø  Waktu yang tersedia untuk memainkan game ini 30 menit.
Ø  Permainan dianggap selesai bila semua peserta telah berhasil melintas.
Ø  Atau, permainan dianggap selesai bila waktu yang tersedia telah habis

Bahan yang bisa didiskusikan :

4. Dangle Do
Tujuan      :  Melatih kepekaan dalam menganalisa, menggambarkan tentang
                   perbedaan persepsi terhadap suatu masalah.
Peserta    :  Per-regu (5 orang)
Peralatan :  Tali dadung besar ( seperti untuk meluncur ), kernmantel, Webbing,
                   sling, carabiner kunci, sarung tangan kulit.
Pemasangan alat :
Ø  Tali dadung disimpul dengan jarak semakin renggang.
Ø  Tali tersebbut digantung pada pohon dengan ketinggian kira-kira 10 m
Ø  Simpul yang renggang berada dibagian atas
Ø  Pada posisi yang hampir sama, Kernmantel digantung (alat bantu : sling, pulley, carabiner) sebagai alat pengaman
Petunjuk   :
Ø  Saat memasuki arena , semua peserta telah mengenakan tali tubuh ( webbing ).
Ø  Ajak semua peserta untuk mencapai bagian bawah tali ( berkeliling ). Jarak peserta dengan tali tadak lebih satu meter.
Ø  Setelah peserta mengamati tali yang tergantung, tanyakan sampai simpul yang keberapa mereka bisa memanjati tali? Catat kesanggupan semua peserta.
Ø  Pasang tali pengaman ke tali tubuh peserta, lalu,…..selamat memanjat!demikian dilakukan hingga semua pesrta mendapat giliran. (sarung tangan bisa dipakai. Sepatuh tidak boleh dilepas ).
Ø  Catat hasil yang di dapat masing- masing. Diskusikan kenapa hasilnya tidak sesuai yang direncanakan.
Ø  Selanjutnya, buay rencana untuk setiap regu. Sampai tingkat berapa setiap anggota regu mampu mencapai. Catat kesanggupannya, dan, “Hup,….hup,…..!”
Bahan yang bisa didiskusikan :

 5. Log or Box Moving
Tujuan      :  kerjasama tim, komunikasi, perhitungan resiko dan analisa serta
                   perencanaan kerja
Peserta    :  per kelompok 5 orang
Peralatan  :  tali dadung, box atau log dangan berat 75-100 kg, webbing,
                   karabiner, kayu/ tali pembatas ( 3-4 m )
Pemasangan alat :
Ø  Kayu / tali di bentang diantara dua pohon. Jarak antar pohon 3 m. tinggi/ kayu 100 cm dari tanah.
Ø  Box / log di simpan 2 m di depan kayu pembatas.
Ø  Tali dadu di gantung di atas tali pembatas.

Petunjuk   :
Di kisahkan, dalam sebuah pertempuran, satu regu p[eserta mendapat tugas untuk memindahkan bom yang sangat sensitif. Pagar pembatas yang harus di sebranginya terbalut kawat yang bermuatan listrik tegangan tinggi.Tetapi, dengan perencanaan yang cermat, kerjasama yang harmonis dan komunikasi yang efektif, si pemberi tugas yakin, kalau bom tersebut mampu di pindah kan denga aman. Demikian juga denga para peserta yang diyakininya akan mampu melakukannya denga selamat. Untuk memindahkan bom tersebu, ada beberapa ketentuan yang harus dipatuhi para peserta. yaitu :
Ø  Semua peserta beserta log/ box harus berpindah keseberang pagar pembatas
Ø  Peserta, box / log, dan tali tidak boleh menyentuh pagar pembatas.
Ø  Box / log harus mendapatkan perlakuan istimewah ( tidak boleh terkena benturan, dan tidak boleh dibebani )
Ø  Bila ada salah seorang menyentuh pagar pembatas, maka peserta tersebut dianggap gugur. Selanjutnya dia hanya boleh menjadi penonto
Ø  Bila salah seorang peserta membebani box / log ( menduduki /berdiri di atasnya maka semua peserta dianggap gugur.
Ø  Bila log / box yang menyentuh pagar pembatas, atau bila log / box terkena benturan maka semua peserta di anggap gugur.

Sebelum permainan di mulai, beri kesempatan kepada peserta untuk mendiskusikan tugas ini selama lima menit.

Bahan yang bisa didiskusikan :


6. flying fox
Tujuan      :  mengembangkan rasa percaya diri, keberanian dalam mengambil
                   resiko
Peserta    :  Individual ( Dalam konteks per-kelompok )
Peralatan  :  Tali luncur, toggle, sling, webbing, carabiner kunci, sarung tangan
                   kulit
Pemasangan Alat :
Ø  Tali luncur dipasang pada tanah yang miring (Tebing) atau juga dari atas sebuah pohon
Ø  Pada ujung tali bagian bawah dipasang karabiner dan webbing untuk alat bantu rem (bisa juga ban luar scouter/vespa)
Ø  Toggle disiapkaan dititik start (pada tempat yang lebih tinggi)
Ø  Bila tali dipasang diatas pohon, harus juga disiapkan tanngga untuk naik, dan cowstail, untuk mengamankan peserta

Petunjuk   :
Ø  Saat peserta datang ke arena flying fox, tali tubuh harus sudah terpasang.
Ø  Peserta diminta untuk melakukan peluncuran denngan menggunakan alat bantu toggle. Sarung tangan sudah siap terpasang sebelum peluncuran dilakukan.
Ø  Sling dan carabiner menjadi alat bantu yang terkait pada toggle.
Ø  Setelah semua siap, (ingat chek and rechek ! ! ! ! )
Ø  “ Happy Landing, ………… Guy !!!!!!!!”
Jangan paksa untuk peserta yang tidak mau. Tapi berilah motivasi dan ajak untuk menyaksikan peserta lain meluncur.

Bahan yang bisa didiskusikan :

HIGH-ROPES

      HRI lebih fokus pada individu daripada sebuah tim, dengan memberi kesempatan pada seseorang untuk mengembangkan dirinya dengan cara melawan ketakutan/kekhawatiran psikis dan keterbatasan mereka. HRI akan memudahkan pembentukan sebuah tim (team building) melalui saling memberikan dorongan semangat dan bantuan sesama anggota tim. Dasar pemikiran HRI adalah  bahwa ketakutan/kekhawatiran merupakan dinding yang luarbiasa tebalnya yang menghalangi seseorang untuk mengembangkan dirinya dan juga untuk berprestasi. Bagaimanapun, ketakutan/kekhawatiran akan lebih mudah dilawan ketika mendapat dukungan secara fisik maupun emosional dari orang lain (sesama anggota tim). Sesungguhnya, dengan banyaknya yang memberi dukungan akan mendorong seseorang melakukan sesuatu walaupun yang mereka pikir tidak akan mampu dilakukan.
      Sangatlah penting bagi para pelatih/trainer/instruktur/fasilitator untuk menekankan bahwa tidak ada yang akan gagal atau kegagalan pada kegiatan HRI. Kegagalan terjadi hanya bila kita tidak mencoba melakukannya. Keberhasilan tidak bergantung pada berhasilnya menyelesaikan tugas sebaik/sebagus orang lain, melainkan bergantung pada bagaimana seseorang itu melewati batasan-batasan dirinya. Untuk seseorang yang takut akan ketinggian, maka pemanjatan sederhana pada pohon yang tingginya beberapa feet saja akan menjadi sebuah prestasi yang membanggakan baginya. Keberhasilan/kemenangan yang demikian akan meningkatkan rasa percaya diri seseorang dan berguna untuk menghasilkan keberhasilan/kemenangan yang lebih banyak pada lain kesempatan terutama pada saat kembali ke kantornya.
      Jika ada peserta yang memilih untuk tidak melakukan kegiatan HRI, para pelatih/trainer/instruktur/fasilitator harus menghargai keputusan tersebut. Kemudian dapat menyarankan cara lain agar peserta tersebut dapat ikut berpartisipasi, dapat melalui dukungan verbal, menjadi belay atau menjadi spotting. Perasaan bahwa seluruh anggota tim berkontibusi aktif akan membantu dalam mempertahankan keutuhan sebuah tim.

STANDAR PERLENGKAPAN HIGH ROPES
Ø  Helmet
Ø  Sit Harness
Ø  Karmantel
Ø  Karabiner Screw
Ø  Webbimg
Ø  Pulley
Ø  Sarung Tangan
Ø  Station High Ropes  yang disesuaikan dengan kebutuhan.

KOMUNIKASI DALAM HIGH ROPES
Setelah semua perlengkapan terpasang baik pada belayer maupun climber, belayer memasang alat belay (sebelum belayer siap, climber tidak melakukan activitas dengan tali) dan dilanjutkan dengan komunikasi sebagai berikut :
Belayer     :        “BELAY SIAP”
(Climber memasang pengaman 1 pada loop di sit harnessnya))
Climber    :        “PENGAMAN SATU PASANG”
Belaayer   :        “PASANG DAN CHEK”
(Climber menchek pengaman 1 dengan cara menekan dengan 1 jari saja bagian kunci dari carabiner, belayer selalu memperhatikan climber)
Climber    :        “CHEKED”
Belayer     :        ”LANJUTKAN”
Climber mulai pemanjatan,  belayer mengikuti selalu pergerakan climber.
PROSEDURE PADA TIAP STATION
Sesampainya climber di station, climber memasanng pengaman 2 (terpasang statis di pohon/tiang) pada loop yang sama dengan pengaman 1, Pemaasangan pengaman 2 dilakukan dengan komunikasi sebagai berikut :
Climber    :        “PENGANMAN DUA PASANG”
Belayer     :        “PASANG DAN CHEK”
Climber    :        “CHEKED”
(dengan prosedur yanng sama untuk pengecekan)
Sementara climber melepaskan pengaman satu, belayer melepas peralatan belaynya dan berpindah ke station selanjutnya dan melakukaan prosedur yang sama pada station awal.

POSTMAN’s WALK

Permainan ini memerlukan beberapa peralatan seperti dibawah ini :
Ø  Kabel baja (wire) berdiameter 1 inch yang tergantung sekitar 30 ft di udara,
Ø  Wire yang identik ditempatkan sejajar (paralel) 6 ft diatas wire pertama,
Ø  Dua pohon atau tiang yang kokoh kira-kira berjarak 60 ft dimana wire ditambat,
Ø  Platform pengaman dikedua pohon dan ditempatkan 3 ft dibawah wire yang terbawah,
Ø  Balok kayu kecil terpaku dipohon / tiang atau dapat menggunakan tangga, sebagai tangga untuk mencapai platform,
Ø  Gunakan Top-Rope belay dengan tali kernmantel untuk menjamin keselamatan pemanjat,
Ø  Helm dan harness yang digunakan peserta selama kegiatan berlangsung.

Jika pemanjat telah siap (dengan helm dan harness) dan terhubung dengan tali. Beri komando “Siap Belay” pada belayer, pemanjat memperhitungkan jarak/tinggi pohon atau tiang. Ketika belayer telah siap, dia mengkomunikasikan “Belay Siap”
Dan mengatur posisi tali sesuai kebutuhan pemanjat. Ketika pemanjat siap memanjat komunikasikan dengan “pemanjat siap” dan belayer merespon dengan “lanjutkan” dan mulai menyesuaikan tali dengan kondisi pemanjatan. Ketika pemanjat melakukan pergerakan, belayer selalu megikuti pergerakan climber(sejajar dengan posisi climber). Jika climber memerlukan istirahat atau meraskan ketidaknyamanan (tidak merasa aman), climber dapat mengkomunikasikan dengan kata “Pull”/”tarik”. Untuk aba-aba ini belayer menarik tali sekencang mungkin.ketika climber telah siap kembali climber mulai melangkah melalui wire menyebrang ke pohon atau tiang yang lain.

SESI OLAHRAGA

      Sesi ini kita lakukan terutama di pagi hari walaupun tujuannya tidak untuk menjadikan peserta sebagai sekumpulan atlit yang berprestasi. Sesi ini biasanya merupakan senam-senam ringan yang bertujuan untuk meregangkan otot (Stretching) peserta yanng umumnya kaku-kaku karena mereka jarang ol;ahraga di kehidupan sehari-harinya. Gerakannya terderi dari gerakan statis dan gerakan dinamis selama kuranng lebih  1 jam.
Gerakan Statis (Stretching)
Hitungan dari 1 – 10 (selang 1 detik)
Ø  Kepala didorong kedua tangan mendongak keatas
Kepala ditarik kedua tangan mendongak ke bawah
Ø  Kepala didorong tangan kiri miring ke kiri – tangan kanan di pinggang
Kepala didorong tangan kanan ke kanan – tangan kiri di pinggang
Ø  Kepala didorong tangan kanan menengok ke kiri – tangan kiri di pinggang
Kepala didorong tangan kiri menengok ke kiri – tangan kanan di pinggang
Ø  Siku kiri ditarik tangan kanan kebelakang kepala
Siku kanan ditarik tangan kiri kebelakang kepala
Ø  Tangan kanan ditarik tangan kiri kearah belakang kiri
Tangan kiri ditarik tangan kanan kearah belakang kanan
Ø  Kedua tangan dijalin jari-jarinya
Kaki rapat dan jingjit, tangan ditarik/direntangkan ke atas
Kaki dilebarkan, badan dibengkokkan kesamping kiri
Kaki dilebarkan, badan dibengkokkan kesamping kanan
Kaki dilebarkan, tangan ditarik kebelakang
Kaki dilebarkan, tangan ditarik kedepan
Kaki dilebarkan, badan diputar kearah kiri
Kaki dilebarkan, badan diputar kearah kanan
Kaki dilebarkan, tangan didorong kedepan, kaki kuda-kuda
Kaki dilebarkan, tangan diditarik kebelakang, kaki kuda-kuda
Tangan didorong kearah kiri, kaki kiri melipat, kaki kanan lurus kebelakang
Tangan didorong kearah kanan, kaki kanan melipat, kaki kiri lurus kebelakang
Ø  Kaki dilebarkan, tangan kiri kesamping meraih kaki kiri, tangan kanan di pinggang
Kaki dilebarkan, tangan kanan kesamping meraih kaki kanan, tangan kiri di pinggang
Ø  Kaki dilebarkan, badan ditarik kebelakanng, kedua tangan di pinggang
Kaki dilebarkan, badan ditundukkan kedepan, kedua tangan di pinggang
Kaki dilebarkan, tangan kanan meraih kaki kiri, tangan kiri keatas
Kaki dilebarkan, tangan kiri meraih kaki kanan, tangan kanan keatas
Ø  Kaki dilebarkan, kedua tangan meraih kaki kiri (badan membungkuk)
Kaki dilebarkan, kedua tangan meraih kaki kanan (badan membungkuk)
Kaki dilebarkan, kedua tangan ditarik kebelakang melalui selangkangan
Ø  Lutut kiri ditarik ke dada dengan kedua tangan, tungkai diputar
Kaki kiri ditarik ujung jarinya kebelakang oleh kaki kiri
Kaki kiri ditarik kesamping oleh tanngan kiri
Kaki kiri diangkat kedepan (terlipat) oleh kedua tangan
Lakukan gerakan yang sama untuk kaki kanan
Ø  Kaki kiri melangkah kebelakang, ujung kaki ditanah dan ditarik kearah depan
Kaki kanan melangkah kebelakang, ujung kaki ditanah dan ditarik kearah depan
Kedua telapak kaki luar menyangga badan
Ø  Kedua kaki dan kedua tangan dikibas-kibaskan













Filed in : ,
ADMIN PAMOR

AVIGNAM JAGAT SAMAGRAM

0 komentar:

    If you would like to receive our RSS updates via email, simply enter your email address below click subscribe.

Discussion

DIKLATSAR PAMOR XXVIII
© 2013 PENA ALAM . WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger template. Proudly Powered by Blogger.
back to top